13 Desember 2011

Komik 5cm


Judul        : Komik 5cm
Penulis    : Donny Dhirgantoro
Penerbit  : Grasindo
Kategori  : Komik Remaja
Tebal       : 176 Halaman



Masih ingat dengan kisah novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro ? Nah, kali ini novel yang bercerita tentang persahabatan antara Genta, Arial, Zafran, Ian dan Riani ini muncul kembali loh. Setelah berhasil dengan novelnya, akhirnya terbit juga komiknya dengan judul yang sama, Komik 5 cm.
Bagi pembaca setia novelnya, komik ini mampu mengingatkan kita kembali akan perjuangan kelima sahabat ini dalam mencapai puncak gunung semeru. Sebagaimana kehebatan novelnya, komik ini juga tak kalah menakjubkan. Penuh dengan semangat nasionalisme, cinta tanah air, serta kegigihan dalam menggapai impian dan cita-cita yang dibalut dalam indahnya persahabatan.
Banyak hal-hal menarik dari buku komik setebal 176 halaman ini. Pertama desain covernya yang terbilang cukup oke dan menarik. Pencitraan tokoh-tokoh sentralnya, seperti Genta, Zafran, Arial, Ian dan Riani satu persatu di awal cerita terasa begitu pas. Sehingga tidak menyulitkan penggambaran tokohnya bagi pembaca yang baru pertama kali membaca komik 5 cm ini.
Kedua, bentuk grafis dari tokoh-tokoh ini dirasa sangat cocok dengan imajinasi para pembaca novelnya. Genta yang dianggap sebagai leader dalam kelompok, Zafran yang berlagak seperti seorang penyair dan Arial yang paling tampan. Selain itu penggambaran tokoh Ian yang badannya paling subur dan tambun serta Riani sebagai satu-satunya wanita dalam kelompok ini. Is Yuniarto berhasil mengangkat novel 5 cm menjadi begitu nyata dalam bentuk komik.
Ketiga, tidak ketinggalan kalimat-kalimat andalan yang menjadi nyawa dalam novel 5 cm. Semuanya akan dapat kita temui dalam buku komik ini. Bahkan para pembaca pun akan dibuat mengharu biru disaat membacanya. Kecintaan mereka terhadap tanah air bangsa ini begitu bersemangat dan menggetarkan jiwa raga. Tidak heran jika Good Reads Indonesia menjuluki novel 5cm sebagai buku Indonesia sepanjang masa.
Kisah bermula ketika Genta, Zafran, Arial, Ian dan Riani, lima sahabat yang sejak SMA selalu bersama tiba-tiba berubah. Mereka membuat kesepakatan untuk berpisah dan tidak berhubungan sama-sekali. Hingga suatu saat, kelima anak muda ini bertemu kembali untuk melakukan sebuah perjalanan yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya.Ya, perjalanan hati, impian dan harapan yang membawa mereka berdiri di salah satu puncak tertinggi di Indonesia. Selamat membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar